FAKULTAS PERTANIAN UNISMUH MAKASSAR

VISI :

Pernyataan Visi Fakultas Pertanian Unismuh Makassar adalah sebagai berikut :

“Terwujudnya Pelayanan Pendidikan Fakultas yang bertumpu pada Iptek , Imtak dan kurikulum berbasis Kompotensi dibidang pertanian menuju Fakultas Islam terkemuka unggul , terpercaya dan Mandiri”

MISI :

  1. Mengelola dan menyelenggarakan system pengajaran yang berjenjang dan berbasis komptensi program studi.
  2. Mengadakan penelitian yang dinamis dan aflikatif  pada semua jenjang program studi serta mempulikasikan melalui jurnal ilmiah Fakultas.
  3. Membangun karakter peserta didik dan tenaga pengajar melalui keterampilan terpadu dan berjenjang  yang bertumpu pada cirri khas keilmuan dan akhlak karimah.

KEKUATAN (STRENTH)

  1. SDM yang tersedia cukup memadai
  2. Biaya pendidikan terjangkau
  3. Lokasi kampus yang terletak pada tempat yang strtegis
  4. Jumlah mahasiswa yang cukup
  5. Gedung kuliah dan areal fakultas cukup memadai
  6. Memiliki hutan pendidikan sebagai tempat praktek
  7. Adanya orang-orang Muhammadiyah disetiap kabupaten
  8. Terbentuknya Korps Alumni IKA Fakultas Pertanian
  9. Pengelolaan Fakultas yang tertata dengan baik

KELEMAHAN(W)

  1. Keahlian Dosen dengan mata kuliah yang dibina masih ada tidak relevan
  2. Pendidikan lanjutan (S2) dosen kurang relevan dengan prodi yang dibina
  3. Adanya prodi yang belum terakreditasi
  4. Kinerja dan disiplin pegawai yang masih relative rendah
  5. System kepegawaian yang belum memenuhi standar
  6. Sarana laboratorium yang kurang memadai
  7. Lemahnya SDM peneliti
  8. Adanya kelompok-kelompok mahasiswa yang sering membuat masalah dalam kampus.
  9. Kemampuan akademik mahasiswa yang relative masih rendah.

PELUANG ( O)

  1. Tersedianya PT Penyelenggara S2 , S3
  2. Tersedianya Dosen PTN-PTS senior yang dapat dijadikan mitra untuk pengembangan dosen muda
  3. Tersedianya  lembaga donor untuk beasiswa lanjut
  4. Tersedianya lembaga donor untuk penelitian dosen
  5. Kebijakan bantuan sarana
  6. Dana penelitian tersedia dari Pihak Rektorat
  7. Adanya MOU dengan beberapa instansi yang terkait

ANCAMAN (T)

  1. Terdapat prodi studi yang Sama yang dikelola oleh Fakultas pada  PTN-PTS dengan fasilitas yang cukup
  2. Adanya dosen dan karyawan berkualitas pindah atau terangkat menjadi PNS
  3. Kemampuan Fakultas lain pada PTN-PTS dalam menyediakan sarana dan prasarana pendidikan
  4. SDM Fakultas pada PTN-PTS yang lebih berpengalaman
  5. Pengaruh obat-obat terlarang, miras dan Pergaulan bebas

ANALISA SWOT

ANALISIS LINGKUNGAN         INTERN

EKSTERNAL

KEKUATAN (S) KELEMAHAN(W)
  1. SDM yang tersedia cukup memadai
  2. Biaya pendidikan terjangkau
  3. Lokasi kampus yang terletak pada tempat yang strtegis
  4. Jumlah mahasiswa yang cukup
  5. Gedung kuliah dan areal fakultas cukup memadai
  6. Memiliki hutan pendidikan sebagai tempat praktek
  7. Adanya orang-orang Muhammadiyah disetiap kabupaten
  8. Terbentuknya Korps Alumni IKA Fakultas Pertanian
  9. Pengelolaan Fakultas yang tertata dengan baik

 

  1. Keahlian Dosen dengan mata kuliah yang dibina masih ada tidak relevan
  2. Pendidikan lanjutan (S2) dosen kurang relevan dengan prodi yang dibina
  3. Adanya prodi yang belum terakreditasi
  4. Kinerja dan disiplin pegawai yang masih relative rendah
  5. System kepegawaian yang belum memenuhi standar
  6. Sarana laboratorium yang kurang memadai
  7. Lemahnya SDM peneliti
  8. Adanya kelompok-kelompok mahasiswa yang sering membuat masalah dalam kampus.
  9. Kemampuan akademik mahasiswa yang relative masih rendah.

 

Peluang (O) Strategi Menggunakan Kekuatan untuk memanfaatkan kesempatan Stretegi mengurangi kelemahan dengan memanfaatkan kesempatan
  1. Tersedianya PT Penyelenggara S2 , S3
  2. Tersedianya Dosen PTN-PTS senior yang dapat dijadikan mitra untuk pengembangan dosen muda
  3. Tersedianya  lembaga donor untuk beasiswa lanjut
  4. Tersedianya lembaga donor untuk penelitian dosen
  5. Kebijakan bantuan sarana
  6. Dana penelitian tersedia dari Pihak Rektorat
  7. Adanya MOU dengan beberapa instansi yang terkait

 

  1. Peningkatan pendidikan Staf pengajar melalui kemitraan jaringan PTM dan person
  2. Menyusun pola pembinaan SDM yang sistematis
  3. Meningkatkan Profesinalisme Dosen dan Karyawan
  4. Membangun sarana sesuai master PLAN
  5. Memanfaatkan dana penelitian dari lembaga donor
  6. Memanfaatkan jaringan yang ada untuk menghidupkan program studi yang stagnan
  7. Meningkatkan monitoring kinerja pegawai.
  8. Memperbaiki system kepegwaian
  9. Melengkapi sarana laboratorium
  10. Memberi bea siswa kepada mahasiswa yang berprestasi.
Ancaman (T) Strategi Menggunakan kekuatan untuk mencegah ancaman Strategi menekan kelemahan menghindari ancaman
  1. Terdapat prodi studi yang Sama yang dikelola oleh Fakultas pada  PTN-PTS dengan fasilitas yang cukup
  2. Adanya dosen dan karyawan berkualitas pindah atau terangkat menjadi PNS
  3. Kemampuan Fakultas lain pada PTN-PTS dalam menyediakan sarana dan prasarana pendidikan
  4. SDM Fakultas pada PTN-PTS yang lebih berpengalaman
  5. Pengaruh obat-obat terlarang, miras dan Pergaulan bebas

 

  1. Memaksimalkan dosen untuk studi S2-S3 berdasarkan relevansi program studi yang dibina
  2. Meningkatkan kesejahteraan dosen dan karyawan
    1. Mempercepat pembangunan
    2. Meningkatkan kinerja lembaga kompotensi SDM
    3. Optimalkan pembinaan kemahasiswaan.
    4. Memantapka proses belajar mengajar dengan kualifikasi dosen yang relevan untuk meningkatkan daya saing/daya tarik prodi yangdibina
    5. Menetapkan system rekruitmen dosen dan karyawan
    6. Menyusun skala perioritas pembangunan
    7. Meningkatkan system informasi penelitian.