TUJUAN PEMASARAN

1. Apa Bisnis anda ? Dan apa kepentingan anda   berbisnis ?

Bisnis saya adalah  Usaha  ayam Potong, kepentingan saya  dalam berbisnis ayam  potong  adalah untuk  memenuhi kebutuhan masyarakat dan kebutuhan keluarga.

2. Berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk bisnis anda ?

Waktu yang saya butuhkan dalam mengelola bisnis ini sampai berproduksi untuk tahap pertama adalah :

a.       Survei Pasar adalah 1 bulan

b.      Survei sumber bahan dan produk makanan, obat-obatan adalah 1 bulan

c.       Pembuatan  kandang dan pengadaan peralatan                adalah 3 bulan

d.      Penyiapan kandang pemeliharaan 1 pekan

e.      Pemeliharaan    1, 8 bulan

f.        Penjualan 1 hari.

Total waktu yang diperlukan untuk tahap pertama usaha ini mulai dari point a-f adalah 8 bulan

3. Apa tujuan bisnis jangka panjang anda ?

Tujuan dari bisnis saya untuk jangka panjang adalah menjadi suplyer ayam pedaging untuk kota Makassar dan sekitarnya bahkan Indonesia Timur

4. Bagaimana anda dapat menghabiskan waktu dalam bisnis anda selama 3 s/d 5 th?

Dalam melakukan bisinis selama 3 sampai 5 tahun adalah :

– Membuat prencanaan usaha

– Menjalankan bisnis

– Melakukan control terhadap pelaksanaan bisnis

– Melakukan evaluasi terhadap bisnis yang sementara dijalankan

– Melakukan rencana pengembangan

– Melakukan pengembangan ushana bisnis

5. Apabila anda mengetahui bahwa maut akan menjemput anda dalam 6 bln ke depan,maka bagaimana anda menghabiskan waktu sampai tibanya masa tersebut ?

Jika maut datang menjemput 6 bulan ke depan maka pertama saya lakukan adalah mempersiapkan wasiat untuk pengelolaan perusahaan, kedua berusaha melunasi utang piutang dan ketiga mengeluarkan zakat perusahaan serta terakhir  banyak ibadah kepada Allah  dan memperbanyak sedeqah.  Sebagaimana firman Alllah di Dalam Al-qur’an

“ Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, hendaklah setiap orang tafakkur merenung sudah adakah bekal yang akan dia Bawah untuk masa yang akan dating, bertakwalah kepada sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Hasyar:18)

6. Apa tujuan bisnis/perush. anda dlm

a. Lima tahun ke depan ?

Ø  Bukan hanya sebagai penyedia daging dan  pupuk kandang melainkanjuga lima tahun kedepan  dapat menyediakan obat –obatan,   DOC, Pakan sehingga tidak harus bergantung dari perusahaan yang besar, tapi membuat jaringan sebagai kemitraan tentang penyediaan obat untuk khusus perunggasan dan selain itu saya berencana mngembangkan usaha ayam pedaging

b. Empat tahun ke depan ?

Ø  Dalam upaya memaksimalkan usaha pengembangan ayam pedaging dibutuhkan permodalan yang cukup besar dari pihak perbankkan atau lembaga finance/investor yang bergelut disektor peternakan untuk memperluas usaha pengembangan ayam pedaging mengingat produk ini merupakan kebutuhan protein hewani 65 % yang berasal dari perunggasan.

c. Tiga tahun ke depan ?

Ø  Memaksimalkan upaya penyerapan Inovasi teknologi maka tentunya diperlukan bimbingan tehnis tentang manajemen pemeliharaan dan tekhnologi produksi yang dikemas dalam bentuk pelatihan kepada para kelompok Mitra yang telah bergabung.

d. Dua tahun ke depan ?

Ø  Melakukan pemantauan peluang pasar produk daging dengan melihat potensi kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi  dan untuk memudahkan aspek pemasarannya, diupayakan dilakukan pemasaran secara berkelompok. Dari kegiatan pemasaran secara berkelompok dengan monitoring dari pihak kemitraan dan kelompok binaan usaha saya dibangun kerjasama yang baik , sehingga tercipta hubungan yang baik untuk saling membantu dalam pengembangan usaha tersebut untuk menjadi usaha yang berskala lebih besar.

e. Satu tahun ke depan ?

Ø  Peningkatan pemeliharaan usaha ayam pedaging, sehinngga dapat menghasilkan produksi daging yang berkualitas dan melakukan pengolahan dan pemasaran dengan baik pada usaha tersebut.

7. Pikirkanlah tentang tujuan bisnis anda  setahun ke depan, tujuan spesifik

Anda untuk :

  1. Produk anda ?

Produk saya ke depan adalah ayam pedaging, yang dikemas dalam bentuk karkas yang sudah dibekukan sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama.

  1. Lokasi bisnis anda (Dimana dan cara anda mendistriusikannya)

Lokasi bisnis saya ini berada dipinggiran kota Makassar yaitu  bagian timur kota Makassar yang berbatasan dengan Kabupaten Gowa, sehingga produk saya mudah distribusikan ke pusat-pusat kota Makassar terutama ke Mall-mal yang ada di jantung kota Makassar.  Cara mendistribusikannya melalui angkutan mobil, yang akan mengankut dari kandang-kadang atau tempat pemotongan ayam sampai ke konsumen yaitu pasar-pasar tradisional dan Mall-mall.

  1. Cara promosi produk anda ?

Produk saya akan dipromosikan melalui media :

–          Dari mulut ke mulut

–          Melalui media cetak

–          Media elektronik

–          Pamplet-pamplet atau brosur-brosur

  1. Konsumen anda ?

Adapun konsumen saya bidik adalah :

–          Kebutuhan keluarga tertutama jika ada pesta-pesta

–          Pasar-pasar tradisional

–          Mall-mall

–          Restoran

–          Hotel-hotel

–          dll

  1. Penjualan yang akan dilaksanakan oleh perush.?

Penjualan yang akan dilaksanakan oleh perusahaan adalah

–          Daging karkas ayam potong

–          Pupuk Kandang

8. Simpulkan tujuan bisnis dan pemasaran anda ?

Adapun kesimpulan dari tujuan bisnis saya adalah :

–          Memproduksi karkas ayam potong

–          Memenuhi kebutuhan masyarakat kota Makassar khsususnya dan masyarkat Indonesia Timur umumnya.

–          Mendapatkan keuntungan

SASARAN PEMASARAN

  1. Tuliskan sasaran pemasaran anda secara spesifik dan dapat diukur(sasaran seluruh hasil yang diinginkan dan dapat disesuaikan dengan tujuan bisnis anda serta permintaan pasar),sasaran untuk :

a.       Produk anda ?

Produk dari usaha saya adalah Daging Ayam dalam bentuk karkas dan pupuk kandang

 

b. harga produk yang anda patok ?

Harga produk yang saya patok adalah Rp 25.000/kg karkas dan Rp. 2500/karung pupuk kandang

c. Lokasi bisnis anda (lokasi dimana anda mendistribusikan dan caranya)

Lokasi bisnis saya ini berada dipinggiran kota Makassar yaitu  bagian timur kota Makassar yang berbatasan dengan Kabupaten Gowa, sehingga produk saya mudah distribusikan ke pusat-pusat kota Makassar terutama ke Mall-mal yang ada di jantung kota Makassar.  Cara mendistribusikannya melalui angkutan mobil, yang akan mengankut dari kandang-kadang atau tempat pemotongan ayam sampai ke konsumen yaitu pasar-pasar tradisional dan Mall-mall.

d. Cara promosi produk ?

Produk saya akan dipromosikan melalui media :

–          Dari mulut ke mulut

–          Melalui media cetak

–          Media elektronik

–          Pamplet-pamplet atau brosur-brosur

e. Penjualan yang akan dilaksankan oleh perush.

Penjualan yang akan dilaksanakan oleh perusahaan adalah

–          Daging karkas ayam potong

–          Pupuk Kandang

f.      Atas asumsi apa bahwa sasaran anda dapat dicapai (Tentukan kondisi eksternal)

Kebutuhan masyarakat Kota Makassar akan daging menurut Kepala dinas peternakan kota Makassar sangat besar, dan sampai sekarang untuk mensuplai daging  masyarakat terutama dari daging sapi belum bisa terpenuhi, sehingga Makassar mendatangkan daging dari luar kota Makassar bahkan daging inpor yang tidak jelas halal haramnya, untuk itu peluang akan usaha daging selain daging sapi sangat terbuka lebar, sehingga mengusahakan daging ayam yang jelas nilai halal-haramnya sangat berpeluang sekali, untuk itu saya selaku pengusaha ayam potong sangat yakin sekali bahwa produk ayam potong sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kota Makassar

Alat Bantu

Alat bantu Pemasaran apa saja yang rencananya akan  anda pergunakan guna menjangkau seluruh konsumen?

Alat bantu yang diperlukan untuk menjankau seluruh konsumen adalah kendaraan, pedagang pengecer serta penjual-penjual yang ada dipasar-pasar tradisional serta pasar-pasar modern seperti mall-mall dan restaurant.

Jelaskan secara panjang dan terperinci hal berikut ini:

a)       Tugas dan tanggung jawab

Tugas dan tanggung jawab adalah beban kerja yang diberikan kepada seseorang sesuai dengan job yang diberikan oleh perusahaan, untuk dilaksanakan sesuai dengan standar prosedur suatu pekerjaan.

b)       Tenggang waktu dari setiap bagian rencana pemasaran Anda          dimana Anda ingin agar rencana tersebut dapat berjalan     dan diterapkan dalam enam bulan pertama

Sistem pemasaran sebaiknya dilakukan dengan cara komprehensif di seluruh unit jaringan yang terkait dengan para konsumen misalnya mulai dari unit yang paling awal seperti di pasar – pasar

Mengkaji dan menganalisis permasalahan serta melakukan koordinasi dengan pemerintah dan mitra terkait untuk mendapatkan pemecahan / solusi dan kesempatan

c)       Buatlah daftar tugas tersebut diatas dalam skala prioritas

Ø  Yang menjadi prioritas utama al :

a)      Bagaimana memproduksi daging dengan baik

b)      Bagaimana mensosialisasikan program perusahaan kepada para karyawan dan mitra

c)       Bagaimana Menyiapkan permodalan

d)      Bagaimana bekerjasama dengan pemodal dan perbankkan

d)      Koordinasi khusus bagaimana yang diperlukan guna menyelesaikan setiap tugas tersebut?

Dengan melakukan pertemuan secara intens dan loby – loby baik baik kepada pihak pemodal maupun kepada pihak pemerintah

Apabila rencana pemasaran Anda mengalami kegagalan  dikarenakan oleh sejumlah faktor yang dapat

diprediksikan, apa strategi bisnis Anda yang lainnya?

Saya selaku pebisnis akan melakukan terobosan barus misalnya dengan mengola daging ayam menjadi daging siap saji dalam bentuk kalengan atau terobosan lain misalnya mengubah usaha menjadi usaha ayam petelur.

Pengaruh Eksternal

  1. Bagaimana kondisi ekonomi yang sedang berlangsung dapat mempengaruhi bisnis Anda? Apa saja perubahan ekonomi yang Anda harapan terjadi?

Kondisi perekonomian negera  yang satbil dapat membuat  iklim usaha menjadi baik, jika ada perubahan kondisi ekonomi maka otomatis usaha dapat terpengaruh, misalhnya harga bahan baku ransum ayam berubah , harga bibit berubah maka otomotis perusahaan akan terpengaruh,

Adapun perubahan ekonomi yang saya harapkan adalah pendapatan penduduk semakin meningkat sehingga daya beli penduduk juga semakin baik sehingga mereka dapat membeli produk usaha kami,

  1. Apakah Anda mengetahui adanya perkembangan teknologi yang diharapkan terjadi pada industri Anda? Apa saja perkembangan tersebut?

Jawaban :

Ya saya berharap ada perkembangan teknologi yang bersangkut paut dengan usaha saya ini, misalnya ditemukan formulasi ransum yang semakin baik, ada bahan-bahan baku ransum  baru yang  ditemukan dan tidak mahal, ada bibit-bibit baru yang lebih unggul  terutama yang tahan terhadap penyakit, pertumbuhan lebih cepat dan ditemukannya obat-obatan dan vitamin yang lebih unggul.

  1. Apakah terjadi banyak perubahan dalam segi hukum yang dapat mempengaruhi bisnis Anda? Apa saja perubahan tersebut dan bagaimana perubahan tersebut bisa mempengaruhi bisnis Anda tersebut?

Jawaban

Setiap bisnis yang dikelola dinegera ini sangat tergantung kepada kebijakan Undang atau peraturan yang berlaku di negera ini dan ini sangat mempengaruhi bisnis  yang saya kelola misalnya ada kebijakan bahwa setiap produk Agro tidak mendapatkan  PPN, otomatis produk-produk berupa bahan baku pertanian yang dibutuhkan oleh Ternak dapat ditekan harganya sehingga para pengusaha ternak dapat mendapatkan bahan baku dengan harga yang murah sehingga dapat menekan ongkos produksi.

  1. Apakah satu perubahan iklim politik yang terjadi dapat mempengaruhi bisnis dan strategi pemasaran Anda? Bagaimana?

Jawaban

Iklim politik memang sangat berpengaruh terhadap bisinis yang dikelola terutama kebijakan mengenai pelarangan  atau pembatasan terhadap daging import dari luar negeri terutama daging ayam, kalau ini dilakukan pemerintah berarti pemerintah telah mengambil kebijakan yang melindungi bisnis daging dalam negeri sehingga memberi jaminan kepada pengusaha dalam negeri untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.

  1. Apakah terdapat sejumlah grup minat, agensi, personel media, atau agensi lainnya yang dapat membawa dampak positif dan negatif terhadap bisnis Anda?

Jawaban

Ø  Banyak yang membantu dalam pemasaran dan produksi karena kami menganut pola Kemitraan seperti perusahaan INTI dan peternak MITRA ( Plasma)

Ø  Bimbingan dari pemerintah tentang al :

a)      Badan Hukum

b)      Surat perjajian

c)       Harga Kontrak

d)      Bimbingan tehnis dan non kontrak

e)      Regulasi

  1. Siapa saja pesaing bisnis Anda? Jelaskan secara gamblang konsumen dari para pesaing bisnis Anda tersebut?

Jawban :

Ø  Pesaing – pesaing kami dari para pemilik pabrik pakan seperti Charon Phopan, Cargill, Comfeed dll, dimana mereka juga bukan hanya memproduksi pakan akan tetapi melakukan pemeliharaan secara besar – besaran dan dia dapat memainkan harga karena mereka punya modal yang sangat besar

Ø  Dalam pelaksanaan pemasaran mereka mampu menjatuhkan harga untuk menjatuhkan pesaingnya karena mereka masuk kesgmen pasar kelompok tani ternak yang tingkat ketergantungannya sangat tinggi akan modal

Ø  Konsumen dari para seaing saya sama dengan konsumen dari bisnis saya yaitu pasar-pasar tradisonal, Mall-mall , restaurant dan masyarakat umum.

  1. Apakah tingkat pendapat masyarakat stabil? Apakah angka populasi stabil atau musiman

Ø   Tingkat pendapatan masyarakat tidak stabil karena negara kita ini lagi dilanda oleh krisis ekonomi yang berkepanjangan dan krisis moral

Ø  Angka populasi musiman yang diakibatkan oleh cuaca extrime yang sangat mempengaruhi produksi untuk sektor perunggasan akan tetapi tetap selalu ada jalan keluarnya

 

Pengaruh Intern

  1. Apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis Anda?

Jawaba

Kekuatan

Ø   Yang menjadi kekuatan bisnis kami adalah karena kemitraan dan berpihak pada rakyat kecil

Ø  Dilindungi oleh pemerintah

Ø   Berbadan hukum yang kuat

Ø  Mempunyai harga kontrak yang jelas

Ø  Produk kami setiap saya dibutuhkan oleh masyarakat dan sudah menjadi kebutuhan pokok.

Ø  Perputaran modal cepat

Ø  Saya menguasai bidang usaha ini artinya saya memiliki keahlian dalam bidang ini.

Ø  Lokasi usaha dekat dengan pemasaran

Kelemahan

Ø  Usaha ini sangat berisiko

Ø  Mudah terkena penyakit

  1. Apakah anggaran operasional bisnis sesuai dengan rencana bisnis Anda? Apabila tidak, penyesuaian apa saja yang dapat Anda lakukan?

Jawaban :

Untuk anggaran sudah pasti disesuaikan karena sudah dihitung Cass Flownya dan jika terjadi permasalahan maka mau tidak mau pasti kita menagujukan peminjaman ke bank dengan melakukan perhitungan  untuk menyisihkan cicilan nantinya

  1. Apakah sifat dasar dari bisnis Anda perlu memberikan sejumlah jenis kredit bagi para konsumen? Berdasarkan kriteria apa Anda akan memberikan jaminan kredit?

Tidak, perlu karena ini merupakan kebutuhan konsumsi yang tidak teralalu mahal sehingga masyarakat dapat mengjankaunya sehingga mereka dapat membayar chas, tidak usah kredit.

Analisa Konsumen

  1. Apakah orang yang membeli produk Anda adalah orang yang sama yang menginginkan dan menggunakan produk tersebut?

Ø   Tidak karena, mereka rata – rata adalah para konsumen lansung dan pengecer dipasar –pasar tradisional dan pasar besar serta Mall dan perusahaanseperti PT. INCO

 

  1. Bagaimana konsumen mengetahui dan mempelajari produk Anda (Melalui Iklan, Karyawan, teman, keluarga)?

Jawaban

Ø   Konsumen mengetahui produk kami melalui promosi, iklan, karyawan dan refrensi teman sejawad

  1. Sumber informasi mana yang paling berpengaruh? Mengapa?

Jawaban

Sumber yang paling berpengaruh adalah melalui iklan elektronik dan media cetak seperti majalah atau surat kabar karena dapat menjangkau banyak konsumen.

  1. Apakah membeli secara besar-besaran merupakan kebiasaan para konsumen?

Jawaban

Ya, terutama jika mereka memiliki acara-acara atau penjul-penjual yang ada dipasar-pasar atau mall-mall

5.       Apakah keputusan untuk melakukan pembelian oleh para konsumen Anda dipengaruhi oleh keluarga, teman , atau kolega mereka?

Jawaban

Ø  Ada pengaruhnya karena sangat berkaitan dengan kepuasan dan finansial

6.       Apakah anda menyadari apa yang dirasakan oleh konsumen setelah mereka menggunakan produk anda? Apa yang sepertinya paling disukai oleh konsumen dari produk Anda? Apa saja yang tidak mereka senagng dari produk Anda tersebut?

Jawaban

Ya saya sebagai pebinis menyadari bahwa produk yang mereka senangi dari kami adalah ayam dengan berat yang stabil dan gemuk, sedangkan yang tidak mereka sukai adalah potong yang kurus.

  1. Apakah konsumen Anda akan membeli produk Anda kembali?

Jawaban

Ya saya yakin bahwa dengan produk kami yang gemuk dan sehat akan membuat konsumen membeli kembali produk kami, apalagi produk kami adalah kebutuhan primer masyarakat.

  1. Apakah kebanyakan dari konsumen melakukan pembelian di akhir pekan terutama di malam minggu?

Jawaban

Ya produk kami  sesungguhnya tidak melihat hari apa dibutuhkan, karena mereka membutuhkan produk kami setiap saat, tetapi memang terkadang hari-hari libur banyak yang membutuhkan, karena mereka melakukan acara rata-rata pada hari libur yaitu hari minggu atau malam minggu atau akhir pecan.

  1. Dimana biasanya orang membeli produk yang sama atau sejenis?

Jawaban :

Paroduk kami biasanya dibeli di pasar-pasar tradisional, mall-mall dan penjaja keliling.