Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan2 bisnis yang ditujukan untuk :

1.Memahami segala kebutuhan dan keinginan dari seluruh konsumen.
2.Memilih dan mengembangkan produk yang dapat memuaskan konsumen
3.Mengembangkan sebuah program yang dapat menginformasikan kepada konsumen ttg manfaat produk anda.
4.Memastikan produk anda dapat menjangkau seluruh konsumen.
Ada 6 konsep inti pemasaran:
*1. Kebutuhan
*2. Keinginan
*3. Permintaan
*4. Produk
*5. Nilai,biaya, dan kepuasan
*6. Pertukaran, transaksi dan hubungan
BAURAN PEMASARAN
*Empat variabel saling terhubung menjadi paket utuh,yang akan menentukan derajat kesuksesan program pemasaran yang anda jalankan.
*(Produk,Harga,Lokasi,Promosi)
PRODUK Dirancang untuk memuaskan kebutuhan konsumen
*Kegunaan
*Kualitas
*Trade mark
*Model
*Kemasan
*Garansi,
*Pilihan (Macam produk)
Harga
*Selain harga yang anda tetapkan untuk sebuah produk yang anda jual ke konsumen, juga mencakup beberapa kebijakan mengenai :
*Diskon,harga kredit,periode pembayaran,pembayaran pemindahan.
Lokasi
Menyediakan produk pada tempat yang tepat dan waktu yang tepat
*Lokasi dan daerah toko
*Lokasi ruang pajang produk
*Jenis pengiriman produk
PROMOSI
Menginformasikan dan membujuk target konsumen anda dalam hal nilai dari produk yang anda jual
*Iklan pada media cetak,elektronik
*Penjualan secara pribadi
*Publikasi
*Sales promotion
Menjual versus Memasarkan
*Menjual : Kepandaian berbicara yang berusaha menyisipkan produk mereka diantara konsumen.
*Memasarkan : Mencari keuntungan dan mmenuhi kebutuhan konsumen dan memecahkan permasalahan mrk(pertukaran nilai yang cukup adilan antara konsumen nd perush).
Penjualan vs Pemasaran
*Penjualan : Mencipt.produk tanpa memeriksa apakah produk tsb dibutuhkan atau tidak.
*Pemasaran : Mencari tahu apakah sebuah produk memang dibutuhkan sebelum ditawarkan ke konsumen.
*Penjualan : Karyawan bg.penj.mendengarkan kons.dengan tujuan menjawab setiap kebutuhan konsumen.
*Pemasaran : Mendengarkan setiap konsumen dengan tujuan memahami kebutuhan mereka
Gagal dan sukses dipasaran
*Gagal Karena Salah dalam memahami pasar (Analisa kebutuhan yang lemah),Kualitas produk (Tidak dapat memenuhi keinginan dan harapan dari konsumen anda atau dibawah posisi para pesaing anda),kurang usaha pemasaran,perencanaan yang lemah,persaingan pasar.
4 alasan produk sukses dipasar
*Pendekatan pemasaran produk yang efektif (Memahami betul akan kebutuhan konsumen,
*selalu mencari tahu posisi anda dipasar)
*Produk yang unik (Produk yang berbeda/berkelas dg produk lain)
*Harga yang bersaing.
Kompetensi Tekhnis
*Milikilah kompetensi teknis pada proses produksi dan distribusi produk anda
*Carilah pengetahuan dan pengalaman dari industri yang anda jalankan
*Pemahaman praktis tentang apa yang sedang terjadi/ berlangsung dalam bisnis
Perencanaan Pemasaran
*Sebuah methode guna mencapai tujuan dengan mengantisipasi hal dimasa depan dan menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan.
Perencanaan Bisnis
*Mengetahui Posisi Bisnis saat ini yang akan datang serta mengetahui proses mencapai posisi yang akan datang
*Sebuah dokumen kerja yang anda akan gunakan mengulas kejadian yang terjadi pada bisnis anda.
*Mengukur bagaimana anda menjalankan bisnis ,dan hal apa yang anda harus lakukan
PROSES PERENCANAAN
*Dimana POSISI kita sekarang ?        PRODUK                                         Siapa Konsumen anda ?                   Seberapa besar pangsa pasar anda ? Seberapa seringkali konsumen menggunakan produk anda ?            Apakah produk anda digunakan hanya sebagai pelengkap dari produk sejenis lainnya ?

*Apakah produk anda menjadi kebutuhan atau hanya barang mewah ?
*Apakah produk anda memiliki hak paten
*Bagaimana pendapat kons,masy,pesaing anda thdp produk
*Informasi tertulis apa sj mengenai produk anda yang tersedia bagi kons
*Personel
*Sikap terhadap pertumbuhan perush.
*Standar kualifikasi karyawan
* Insentif bagi karyawan berprestasi
*Insentif khusus bagi karyawan dengan keahlian teknis
* Biaya komisi yang ditetapkan realistis atau tidak.
Proses Perencanaan    Finansial
*Apakah biaya produk menurun seiring dengan meningkatnya produksi perusahaan.
*Berapa besar prosentase keuntungan yang diharapkan
*Apa saja ancaman resiko dari investasi anda sekarang ini
*Berapa besar dana yang ada bisa dapatkan dari sumber lain
*Berapa banyak kredit anda sekarang
*Berapa banyak modal anda sekarang
*Dapatkah anda memperoleh pinjaman dana begitu anda membutuhkan.
Proses Perencanaan Fasilitas
*Brp besar alokasi dana untuk B.Baku
*Apakah suplai ,harga,b.b.berfluktuasi
*Pemasok anda dapatkah diandalkan,adakah pemasok lain.
*Apakah anda dapat mengganti b’baku produk dengan b.baku lainnya.
*Apakah ukuran kantor,pabrik,outlet anda cukup luas.
*Bagaimana dengan peralatan perusahaan anda,cukup baik atau mengkhawatirkan.
Memformulasi tujuan
ØTujuan : Hasil jangka panjang yang anda inginkan dicapai dalam bisnis yang anda jalankan.
ØSifat     : Luas,realistis,
ØDiperuntukan untuk : Kehidupan,bisnis, klp pemasaran
ØPengelompokan : Tujuan hidup secara umum dan tujuan bisnis secara umum
Cara menentukan tujuan Bisnis dan pribadi anda
*Lihat kemungkinan yang terjadi pada 5 th ke depan.
*Posisi bisnis yang anda inginkan
*Langkah2 yang diperlukan untuk mencapai tujuan
*Tentukan tujuan sementara perush.  Guna mencapai tujuan 5 th ke depan
*Buatlah fondasi ,setahun ke depan fokus pada penguatan pasar yang telah dimasuki(jangkau),jadilah seorang ahli pada pasar yang anda akan kembangkan.
*Buatkah jaringan secara internasional dan lakukan riset pasar untuk menguji rencana bisnis anda.
*Lakukan uji coba penjualan produk anda dalam lingk.pasar internasional.
*Perluas tes pasar internasinal anda tanpa harus meninggalkan pasar domestik.
*Tujuan bisnis/pemasaran jk pj anda tercapai.
Kata kunci……..
*MENENTUKAN DAN MENYATU PADUKAN TUJUAN ANDA MEMBUTUHKAN WAKTU DAN PEMIKIRAN YANG TIDAK SEDIKIT,TUJUAN SULIT TERCAPAI DENGAN MUDAH BEGITU SAJA.
Menentukan sasaran pada 6 elemen pemasaran
1.Produk  ; Memperkenalkan (Q)produk baru pada (T) melakukan peningkatan (NP) dengan membuat (Perubahan spesifik) sebelum (tgl tertentu)
2.Penetapan harga : Meningkatkan harga pasar (Jml)pada (Tgl tertentu)
3.Penentuan tempat : Melakukan penetrasi terhadap (Kota/daerah tertentu)secara lebih mendalam lagi dgn memngembangkan (Jml) kontak pada (Waktu tertentu).
4.Konsumen : Sediakanlah (Jenis) layanan bagi(konsumen tertentu)pada (waktu tertentu)
5.Penjualan : Jualah (jml tertentu)tingkatkan jml pesanan rata2 menjadi (Nilai Rp) penjualan (Wakt)
Menyusun rencana tindakan

1.Definisikan program pemasaran,dan kemudian membaginya menjadi beberapa tugas yang terpisah.     Contoh : Iklan   memulai dari memilih produk apa, memastikan ketersediaan cukup barang,menuliskan iklannya, memilih media iklan, jadwal tayang,toko tempat pajangan barang,tampilannya.

2. Catatlah rentetan dan hubungan dari seluruh proses tsb.

Contoh ,Panjang iklan bergantung pada jenis media yang akan digunakan,ketersediaan produk dapat dipastikan sudah siap sebelum di iklankan.