REKRUITMEN DAN SELEKSI

Ringkasan materi kuliah Rekruitmen dan seleksi karyawan meliputi:

  1. Definisi Rekrutmen dan Seleksi
  • Rekruitmen adalah Proses pencarian atau mengundang calon-calon tenaga kerja yang mempunyai kemampuan sesuai dengan rencana dan kebutuhan organisasi di waktu tertentu, untuk melamar kerja
  • Seleksi Proses memilih seseorang dari kelompok pelamar yang paling cocok/mampu menduduki posisi tertentu dan untuk organisasi.
  1. Proses Rekrutmen

Proses rekruitmen dimulai dari :

–          Penentuan jabatan atau pekerjaan yang kosong, hal ini dapat diperoleh dari hasil prencanaan SDM  atau atas permintaan Manajer

–          Menentukan persyaratan Jabatan , hal ini di dasarkan atas  informasi analisis jabatan atau permintaan manajer

–          Melakukan rekrutimen  yang dapat ditempuh dengan beberapa cara misalnya :

  1. Mengcari dari dalam, yang dapat dilakukan dengan cara : meminta bantuan karyawan lama, mengcari melalui arsip pelamar, mengumumkan secar terbuka kepada karyawan.
  2. Mengcari dari luar,  dengan cara : memasang iklan lowongan kerja, memanfaatkan jasa Dinas Tenaga Kerja stempat, Memanfaatkan jasa pengcari /penyalur tenaga kerja, menggunakan Jasa konsultan dan Head Hunter, rekruitmen langsung dikampus, dan rekruimen melalui organisasi profesi.
  3. Seleksi Calon

Pada tahap ini kita harus melaksanakan beberpa kegiatan yang tujuannya memilih calon di antara beberapa calon yang akan kita tawari pekerjaan atau jabatan yang memang harus diisi,

Tujuannya adalah  mencari orang yang baik tetapi juga orang yang tepat  bagi jabatan tersebut dalam tatanan dan lingkungan budaya perusahaan kita. Untuk mendapatkan kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan pekerjaan, maka dilakukan :

  1. Skrining lamaran

Yaitu memeriksan surat lamaran yang diajukan , dan dipisahkan lamaran yang sesuai dengan kebutuhan dan yang tidak sesuai kebutuhan.

  1. Tes mengisi Formulir lamaran

Meminta kepada pelamar untuk mengisi langsung lamaran, untuk mengetahui apakah ia sendiri yang membuat lamaran itu atau dibuatkan orang lain, dan disusun sesuai kebutuhan tenaga kerja, misalny kalau yang dibutuhkan berbahasa Inggris, maka  tes lamaran dalam bahasa Inggris.

  1. Tes Kemampuan dan Pengetahuan, meliputi:
    1. Tes kemampuan noumery, yaitu kemampuan dalam menghitung dengan cepat dan teliti, dan sering digabung dengan tes accuracy yaitu tes ketelitian dan ketepatan
    2. Tes Intelengsi Dasar , yaitu untuk mengukur kecerdasan dasar pelamar.
    3. Tes Kemampuan dan Keterampilan Teknis, tes ini bergantung kepada bidang kerja yang dilamar.
    4. Tes Pengetahuan Umum
    5. Tes Psikologi
    6. Tes Dexterity

Adalah tes khusus untuk mengukur kecekatan tangan atau jari tangan untuk pekerjaan

yang menuntut kecekatan organ tersebut.

  1. Tes Kemampuan atau daya Tahan fisik.
  2. Wawancara

Tujuan dari wawancara seleksi adalah mendapatkan informasi  yang lebih mendalam tentang calon yang bersama dengan hasil tes akan digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan tentang calon yang akan dipilih .

  1. Kegiatan Penyelesaian dan Tindak lanjut

Setelah calon dipilih maka selanjutnya yang akan dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan dan  pengecekan refrensi.

  1. Laporan Hasil Seleksi

Apabila seluruh hasil seleksi selesai ,petugas yang melakukan seluruh proses akuisisi harus membuat laporan  untuk diajukan kepada pimpinan unit yang membutuhkan orang dan kepada atasannya.